Media berbasis situs weblog dengan tagar Indonesia Raya berjuang mengeksplorasi sejarah, peradaban politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan tekhnologi.



Mengenang 31 Tahun Jejak Karir Yono Slalu


Lagu-lagu yang dilantunkan oleh Yono Slalu acap saya dengar sejak saya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 1984. Betap lagunya yang berjudul Surat Cinta Anak Sekolah hingga sampai sekarang masih membekas dalam ingatan saya. Bahkan nyaris saya sulit untuk melupakannya. Hingga tidak terasa sudah 31 tahun lagu ini masih melekat di ingatanku. 

Tentunya bagi generasi yang intens mengikuti perkembangan musik balada yang sarat kritik sosial di tanah air kita pada tahun 1980-an, maka nama Yono Slalu tidak asing di telinga para pendengarnya, kecuali kepada mereka yang masih berkutat mengikuti perkembangan musik popular yang pada waktu itu dikuasai oleh lagu-lagu pop cengeng, maka dapat dipastikan nama Yono Slalu akan terasa asing di telinga kita.

Kalau melihat jejak Yono Slalu pada album kasetnya berjudul Suminten yang beredar pada tahun 1985, maka Yono Slalu salah satu personil Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ). Dalam album Suminten, Yono Slalu ditemani Anto Trisna alias Anto Baret dan Didi Kiswara. 

Konon album Suminten tampaknya sulit untuk kita cari lagi, bahkan menurut pengalaman saya kaset ini pun tidak saya jumpai di tempat-tempat pasar loak. Ketika saya browsing ke mesin pencari Google pun ternyata alhasil tidak ada satu pun anak bangsa yang mengulasnya dan tidak satu pun yang meng upload lagu-lagunya Yono Slalu.

Pada sekitar antara tahun 1988 dan 1989 telah beredar album kaset dari Ikatan Ngamen Indonesia (INI) yang berjudul Gara-Gara Suzana. Jika saya melihat dan mendengar sepuluh lagu yang tersaji di album Gara-Gara Suzana ini, maka tertulis kalau keseluruhan lagu diciptakan oleh Yono Slalu. Kondisi ini membuat saya menarik kesimpulan sendiri, Yono Slalu adalah mascot dari personil INI dan album Gara-Gara Suzana adalah albumnya Yono Slalu.



Baca Juga :



Load Comments

0 komentar:

Post a Comment

Joe Hoo Gi

 

Ketik dan Tekan Enter