Konflik Israel-Palestina Bukan Konflik Agama Melainkan Konflik Perebutan Wilayah Tempat Tinggal

· | JOE HOO GI | 10/01/2023
Konflik Israel-Palestina Bukan Konflik Agama Melainkan  Konflik Perebutan Wilayah Tempat TinggalDengan perjanjian Deklarasi Balfourt, Yahudi menganggap kawasan Palestina menjadi tanah airnya. Tetapi di sisi lain, masyarakat Palestina menganggap Inggris memaksakan pendirian negara Yahudi di kawasan Palestina

JOEHOOGI.COM - Konflik awal Palestina dan Israel terjadi setelah Perang Dunia I. Konflik Israel dan Palestina bukanlah konflik antar agama, melainkan konflik perebutan wilayah sebagai tempat tinggal mereka. Saat itu Inggris sebagai pemenang Perang Dunia I memberikan wilayah kekuasaan pada bangsa Yahudi melalui Deklarasi Balfour pada 1917. 

Dengan perjanjian Deklarasi Balfourt, Yahudi menganggap kawasan Palestina menjadi tanah airnya. Tetapi di sisi lain, masyarakat Palestina menganggap Inggris memaksakan pendirian negara Yahudi di kawasan Palestina.

Sejarah mencatat bahwa puncak imigrasi bangsa Yahudi ke Palestina dikarenakan peristiwa Holocaust dalam Perang Dunia II. Selanjutnya untuk sejarah detailnya dikupas tuntas dalam konten video di bawah ini. Selamat menikmati. Tetap sehat, penuh semangat dan berbahaya.  (Drs. BrotoSeno, MSi)

Follow JOE HOO GI








Baca Lainnya

    Artikel Terkait