Video: Konflik Peradaban Uni Soviet Dari Monarki Tsar Sampai 15 Negara Bagian

Inilah konten diskursus sejarah Konflik Peradaban Uni Soviet dari Monarki Tsar Sampai 15 Negara Bagian - Episode Pertama sebagai pengantar studi konflik History of Russia berjudul Russian Fairy Tales yang disajikan secara serial menjadi 11 episode di kanal Youtube BrotoSeno Initiative.

Untuk membedah secara detail komprehensif studi konflik Rusia dan Ukraina idealnya harus mengurai secara detail sejarah awal berdirinya Negara Russia yang dimulai dari Monarki Tsar, berdirinya Uni Republik Sosialis Soviet hingga sampai keruntuhannya menjadi 15 negara bagian: Armenia, Belarus, Kazakhstan, Ukraina, Uzbekistan, Russia, Azerbaijan, Latvia, Moldova, Tajikistan, Kirgistan, Turkmenistan, Georgia, Lithuania dan Estonia. 

Masing-masing dari 15 Negara Bagian tersebut akan diurai satu persatu disini melalui rujukan sajian konten video.

Konflik Peradaban Republik Armenia Negara Kristen Pertama Di Dunia: 15 Negara Bagian Uni Soviet - Episode 2

1. Republik Armenia 

Armenia merupakan negara yang sebenarnya terletak di Benua Asia. Armenia dahulu sempat merupakan bagian dari Kerajaan Ottoman. Armenia banyak mengimpor minyak dan gas dari Rusia. Armenia menganut sistem pemerintahan republik dan demokratik. Mayoritas masyarakatnya memeluk agama Kristen dan Katolik.

Konflik Peradaban Republik Belarus dan Republik Kazakhstan: 15 Negara Bagian Uni Soviet - Episode 3

2. Republik Belarusia 

Belarusia dikategorikan sebagai Bangsa Slavia berbahasa Rusia. Belarusia memiliki luas wilayah yang paling kecil. Belarusia memiliki sistem pemerintahan campuran antara kediktatoran dan presidensial dan masuk sebagai negara berkembang. Selain mengekspor minyak dan gas sebagai sektor utama dalam perekonomian negara, Belarusia juga mengekspor bahan-bahan dasar seperti karet, plastik, dan logam yang sudah dibentuk.

3. Republik Kazakhstan 

Kazakhstan adalah negara yang berada di Benua Asia. Agama yang dianut mayoritas masyarakat Kazakhstan adalah agama Islam. Negara yang memegang rekor sebagai negara terbesar tanpa memiliki perbatasan laut ini juga memiliki sistem pemerintahan republik. Negara berkembang Kazakhstan mengandalkan 60% sektor minyak dan gas sebagai sumber pendapatan negara.

Konflik Peradaban Republik Ukraina dan Republik Uzbekistan: 15 Negara Bagian Uni Soviet - Episode 4

4. Republik Ukraina 

Ukraina memiliki sumber daya alam dan manusianya lebih banyak dibandingkan sejumlah negara pecahan Uni Soviet. Hal inilah membuat Ukraina tergolong sebagai negara maju. Sektor untuk menyokong perekonomian Ukraina adalah sektor gas alam dan sektor agrikultur seperti jagung, gandum dan barley.

5. Republik Uzbekistan 

Uzbekistan terletak di wilayah Asia Tengah yang mengandalkan sektor minyak dan kapas terbesar di Asia. Mayoritas Uzbekistan beragama Islam. Pada video diskursus episode empat ini BrotoSeno mengajak Ustadz Habib Asy'ari Ahmad untuk memberikan diskursusnya pada menit 33:25 bahwa konon para wali di Indonesia kebanyakan berasal dari Uzbekistan.

Konflik Peradaban Federasi Rusia dan Republik Azerbaijan: 15 Negara Bagian Uni Soviet - Episode 5

6. Federasi Rusia 

Rusia memiliki perekonomian terkuat di Uni Soviet. Rusia masuk ke dalam anggota G7 yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian terkuat di dunia. Negara dengan sistem pemerintahan republik dengan otoritas diktator ini mempunyai sumber daya alam dan manusia. Sektor pertambangan, pertanian, minyak dan gas serta turisme menunjang perekonomian negara ini.

7. Republik Azerbaijan 

Azerbaijan terletak di Benua Asia. Sistem pemerintahan Azerbaijan adalah republik dan demokratik. Azerbaijan masih dikategorikan sebagai negara berkembang. Azerbaijan mayoritas memeluk agama Islam. Bahasa nasional adalah Bahasa Turki.Sekitar 80% hasil ekspor dari Azerbaijan merupakan minyak dan gas alam.

Konflik Peradaban Republik Latvia: 15 Negara Bagian Uni Soviet - 6

8. Republik Latvia 

Latvia tergolong sebagai negara maju di Eropa dan dunia. Latvia mengekspor kayu, peralatan elektronik, obat-obatan dan minuman beralkohol. Latvia tergabung dalam sejumlah organisasi ekonomi di dunia. Inilah faktor yang menjadi alasan tingginya pendapatan per kapita Latvia.

Konflik Peradaban Republik Moldova: 15 Negara Bagian Uni Soviet - Episode 7

9. Republik Moldova 

Moldova merupakan bagian dari Kerajaan Ottoman. Merdeka tahun 1918 dan bergabung dengan Rumania. Moldova tahun 1924 melebur ke Uni Soviet. Moldova salah satu negara yang paling miskin di Eropa. Sektor agrikultur menjadi sektor utama yang menunjang perekonomian Moldova. Gandum, jagung, biji bunga matahari, minuman macam anggur, minyak sayur dan kacang-kacangan menjadi produk ekspor terbanyak dari Moldova.

Konflik Peradaban Republik Turkmenistan, Republik Kirgistan dan Republik Tajikistan: 15 Negara Bagian Uni Soviet - Episode 8

10. Republik Turkmenistan 

Turkmenistan termasuk kategori negara berkembang sama seperti Kazakhstan, Kirgistan, dan Tajikistan. Selayaknya 2 negara terakhir ini, keadaan ekonomi Turkmenistan juga dianggap yang terendah. Turkmenistan mengandalkan sektor minyak dan gas alam. Sistem pemerintahan republik ini mendapat label sebagai negara dengan Hak Asasi Manusia terburuk.

11. Republik Kirgistan 

Kirgistan terletak di Benua Asia dan memiliki kesamaan dengan negara Kazakhstan. Mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, negara tanpa perbatasan laut dan sistem politik republiknya. Kirgistan masuk kategori negara berkembang, sama seperti Kazakhstan. Kondisi perekonomian Kirgistan masih jauh di bawah Kazakhstan. Kirgistan masuk ke dalam daftar negara termiskin di Asia Tengah. Kirgistan banyak mengandalkan sektor pertambangan. Ekspor terbesar dari negara ini adalah emas, perak dan perunggu.

12. Republik Tajikistan 

Tajikistan dimasukkan ke dalam kategori negara berkembang. Mayoritas penduduk negara ini memeluk agama Islam. Tajikistan banyak mengekspor emas, perunggu, alumunium dan mineral zinc. Tajikistan terkenal dengan usaha agrikulturnya seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Tajikistan merupakan negara termiskin di wilayah Asia secara keseluruhan.

Konflik Peradaban Republik Georgia: 15 Negara Bagian Uni Soviet - Episode 9

13 Republik Georgia 

Georgia terletak sebagai bagian dari Benua Asia namun juga dianggap sebagai negara di Benua Eropa. Hampir 89% penduduk Georgia memeluk agama Kristen sebab pada abad ke-4, Georgia mempunyai sejarah di mana negara ini sempat diduduki oleh Aleksander Agung yang merupakan penganut dan penyebar agama Kristen. Meskipun masuk sebagai negara berkembang namun perekonomian Georgia cukup baik. Negara yang memiliki sistem pemerintahan republik ini mengandalkan dua sektor terbesar dalam perekonomiannya yakni sektor manufaktur dan sektor pertambangan.

Konflik Peradaban Republik Lithuania: 15 Negara Bagian Uni Soviet - Episode 10

14. Republik Lithuania 

Lithuania memiliki kesamaan dengan Republik Estonia dan Republik Latvia dari sejarah, kondisi ekonomi, bahasa, luas wilayah dan sistem pemerintahan republik.

Nama Lithuania disebutkan dalam Quedlinburg Annals ketika menggambarkan kematian Uskup Bruno Brverfurt di perbatasan Prusia-Lituania pada tanggal 14 Februari atau 9 Maret 1009.

Mayoritas warga Lithuania memeluk agama Kristen Katolik. Lituania banyak mengekspor bahan elektronik, obat-obatan, bensin, sparepart mobil dan sektor agrikultur. Lituania banyak tergabung ke dalam organisasi perdagangan di dunia.

Konflik Peradaban Republik Estonia: 15 Negara Bagian Uni Soviet - Episode 11

15. Republik Estonia 

Estonia dapat dimasukkan ke dalam kategori negara maju yang mengandalkan berbagai macam sektor industri yang diekspor ke negara lain, seperti mobil, peralatan elektronik, hingga bahan-bahan bangunan. Sistem pemerintahan republik ini mayoritas penduduknya tidak menganut agama alias ateis. Bangsa Estonia memiliki keturunan orang-orang Balkan. Tetap sehat, penuh semangat dan berbahaya.(Drs.BrotoSeno,MSi,Komandan SAR DIY)

JOE HOO GI

 Melalui sajian kolom komentar di bawah sampaikan kepada kami komentar kritik, saran dan pertanyaan Anda yang berkaitan dengan artikel: Video: Konflik Peradaban Uni Soviet Dari Monarki Tsar Sampai 15 Negara Bagian




Peringatan Sebelum Berkomentar:
Komentar yang mengarah ketindakan spam atau tidak berkaitan dengan isi artikel tidak akan dipublikasikan.
EmoticonEmoticon

Dapatkan Pemberitahuan Setiap Ada Artikel Terbaru