Menelisik Sejarah Konflik Peradaban Global Perang Dunia I dan II

· | JOE HOO GI | 17/11/2022
Menelisik Sejarah Konflik Peradaban Global Perang Dunia I dan IIKonflik dalam Perang Dunia I membuka jalan untuk berbagai perubahan politik seperti revolusi di beberapa negara yang terlibat.Perang Dunia II mengubah haluan politik dan struktur sosial dunia.Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) didirikan untuk memperkuat kerja sama internasional dan mencegah konflik-konflik yang akan datang.

JOEHOOGI.COM - Inilah konten diskursus sejarah Menelisik Sejarah Konflik Peradaban Global Perang Dunia I dan II yang disajikan secara serial menjadi dua episode di kanal Youtube: BrotoSeno Initiative dan mBambung Official.


Manfaatkan tautan links pada masing-masing subjudul di bawah ini agar Anda dapat melihat konten videonya. Selamat Menikmati.

Konflik Peradaban Global Perang Dunia I (1914 - 1918) 

Perang Dunia I terpusat di kawasan Eropa yang dimulai pada tanggal 28 Juli 1914. Perang Dunia I melibatkan semua negara besar dunia yang terbagi menjadi dua blok kekuatan yang berseteru yaitu blok Sekutu dan blok Sentral. 

Blok Sekutu terdiri dari Inggris, Prancis, Italia, Rusia, Australia, Kanada, India, Selandia Baru, Afrika Selatan dan Rhodesia Selatan. Sedangkan pada blok Sentral terdiri dari Jerman, Austria, Hongaria, Bulgaria dan Kesultanan Utsmaniyah (Turki). 

Konflik dalam Perang Dunia I membuka jalan untuk berbagai perubahan politik seperti revolusi di beberapa negara yang terlibat. Perang Dunia I berakhir pada tanggal 11 November 1918 dengan kemenangan di pihak Sekutu. 

Selanjutnya untuk sejarah detailnya dikupas tuntas dalam konten video di bawah ini. Selamat menikmati. Tetap sehat, penuh semangat dan berbahaya.

Konflik Peradaban Global Perang Dunia II (1939 - 1945) 

Perang Dunia II adalah perang global yang berlangsung sejak tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia yang membentuk dua aliansi blok yang saling bertentangan: Sekutu dan Poros. 

Blok Sekutu terdiri dari Uni Soviet, Amerika Serikat, Inggris, China, Prancis, Polandia, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Yusgoslavia, Yunani, Norwegia, Belanda, Belgia, Brasil dan Cekoslowakia. Sedangkan pada blok Sentral terdiri dari Jerman, Jepang, Italia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, Finlandia, Thailand, Irak dan Spanyol. 

Pada tahun 1943 melalui kekalahan Jerman di Eropa Timur, invasi Sekutu ke Italia, dan kemenangan Amerika Serikat di Pasifik, blok Poros mundur secara strategis di semua front. Kekaisaran Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945, sehingga mengakhiri perang di Asia dan memperkuat kemenangan total Sekutu atas Poros. 

Perang Dunia II mengubah haluan politik dan struktur sosial dunia. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) didirikan untuk memperkuat kerja sama internasional dan mencegah konflik-konflik yang akan datang. 

Para kekuatan besar yang merupakan pemenang perang: Amerika Serikat, Uni Soviet, Tiongkok, Britania Raya dan Prancis menjadi anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

Tetap sehat, penuh semangat dan berbahaya.(Drs.BrotoSeno,MSi) 
Follow JOE HOO GI








Baca Lainnya

    Artikel Terkait