Makmun Mustafa: Dividen Bir Anker Untuk Capres 2024 Gubernur Anies R Baswedan

Dividen Bir Anker Untuk Gubernur Anies R Baswedan

Masih teringat sampai sekarang soal janji Gubernur DKI Jakarta Anies R Baswedan saat kampanye pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 yang akan menjual saham Pemprov DKI Jakarta di PT.Delta Djakarta jika dirinya terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta.


PT. Delta Djakarta, adalah perusahaan yang memproduksi minuman haram berjenis Bir dengan merek Anker. 

Struktur kepemilikan saham perusahaan tersebut saat ini dikendalikan oleh San Miguel Malaysia Pte Ltd. yang  terafiliasi dengan San Miguel Group yang notabene konglomerasi bir asal Filiphina. Di PT. Delta Jakarta, San Miguel menguasai saham mayoritas atau jadi pengendali saham sebesar 58,33 persen atau setara 467 juta lembar saham.

Sementara Pemprov DKI Jakarta menguasai 26,25 persen saham atau pemegang saham mayoritas kedua setelah San Miguel di PT.Delta Djakarta atau sebesar 210 juta lembar saham. Saham sisanya dimiliki publik dengan persentase sebesar 15,42 persen.

Rencana Penjualan saham Pemprov DKI di PT. Delta Djakarta rupanya sudah tertuang dalam  amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2017-2022, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2018.

Andai penjualan saham Pemprov DKI di PT. Delta Djakarta berhasil dilakukan, maka Pemprov DKI akan menerima tidak kurang dari Rp. 800 Milyar dengan asumsi harga saham Rp.3.800/lembar. Dengan dana tersebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI rencananya akan mengalokasikan untuk  membangun 40 sekolah sebesar Rp.20 miliar, membangun 5 Rumah Sakit sebesar Rp.150 miliar dan membangun 80 ribu Sambungan Air Bersih sebesar Rp.10 juta.

Namun janji tinggalah janji. Menjelang berakhirnya masa jabatan Anies, saham Pemprov DKI di PT.Delta Djakarta saat ini, alih alih terjual secara keseluruhan, bahkan berkurang sedikit pun dari 26,25 % saja tidak. Dalam kondisi yang serba abu abu ini Pemprov DKI tetap saja  beralasan bahwa rencana penjualan saham tetap berproses.  

Serangan yang ditujukan ke Anies mulai berhembus seiring dibagikannya deviden PT Delta Djakarta. Dan 17 Juni  2022. Kompas menulis berita dengan judul Pemprov DKI Terima Rp 60 Miliar Dividen dari Produsen Bir Anker

Persoalan deviden yang diperoleh Pemprov DKI dari PT.Delta Djakarta adalah hal yang lumrah, akan tetapi persoalan pembagian deviden ini menjadi berita menarik dan seksi untuk diblow-up karena sang Gubernur Anies disebut sebut akan diusung jadi calon presiden oleh salah satu Parpol di negeri ini. 

Kemajuan teknologi informasi saat ini semakin menyempurnakan bagi politisi untuk saling serang, kemajuan teknologi semakin membuka ruang dan memungkinkan semua orang untuk mengakses berita masa lalu. Bahwa apa yang pernah diungkapkan di masa lalu akan sangat gampang dinilai apakah janji itu sudah tertunaikan atau belum sama sekali,  tergantung kepentingan  orang yang menyerang. Benar  apa yang dikatakan Winston Churchill, dalam perang Anda hanya bisa dibunuh satu kali tetapi dalam politik Anda bisa dibunuh berkali-kali.

Serangan soal janji kampanye Anies yang tak kunjung tertunaikan akan semakin kencang menjelang tahun 2024. Serangan itu akan semakin meningkat seiring increase in electability Anies oleh lembaga lembaga survey. Semakin meningkat surveynya, maka akan berbanding lurus dengan serangan issu krusial yang ditujukan kepada Gubernur Anies

Mungkin sebaiknya Gubernur Anies dan pengikutnya harus bisa menjawab pertanyaan kenapa pelepasan saham Bir Anker sesuai yang dijanjikan saat kampaye Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 belum bisa ditunaikan.  Selain itu jawaban atas pertanyaan itu harus benar benar bisa diterima oleh semua orang.  

Janji politik memang sangat gampang terucapkan, tapi sangat-sangat mustahil untuk ditunaikan. Dan celakanya, jejak digital di masa lalu itu sangat mudah dicari dan ditemukan oleh warganet.(Makmun Mustafa)

JOE HOO GI

 Melalui sajian kolom komentar di bawah sampaikan kepada kami komentar kritik, saran dan pertanyaan Anda yang berkaitan dengan artikel: Makmun Mustafa: Dividen Bir Anker Untuk Capres 2024 Gubernur Anies R Baswedan




Peringatan Sebelum Berkomentar:
Komentar yang mengarah ketindakan spam atau tidak berkaitan dengan isi artikel tidak akan dipublikasikan.
EmoticonEmoticon

Dapatkan Pemberitahuan Setiap Ada Artikel Terbaru