Media berbasis situs weblog dengan tagar Indonesia Raya berjuang mengeksplorasi sejarah, peradaban politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan tekhnologi.



Mengenang 38 Tahun Jejak Karir Alex J Mariat

Tiada saya pungkiri jika Alex J Mariat yang melantunkan lagu mbelingnya secara humorik melalui pop akustik adalah salah satu
Sekolah Dasar (SD). 

Saya akan mengulas jejak karier Alex J. Mariat pada awal jejak kariernya di tahun 1980-an yang turut terlibat dalam menghadirkan lagu-lagu dengan lirik-lirik yang sarat dengan ocehan mbelingnya  yang mungkin belum banyak diketahui oleh para pecinta lagu pop akustik di tanah air.


Tidak ada penjelasan yang saya dapatkan apa singkatan dari huruf J pada nama Alex J Mariat. Menurut saya huruf J yang berada di antara Alex dan Mariat itu bukan singkatan dari namanya. Sebab nama resminya Alexander Mari'at Mawan yang kemudian dikenal dengan nama Alex J Mariat. Lahir di kota Magelang, Jawa Tengah, 2 Mei 1963. Putera kedua dari enam bersaudara (Andre Manika, Katon Bagaskara, Santie, Nugie dan Lala) dari seorang ayah bernama Alfonso Rodriques Juarno. Dugaan saya sementara huruf J pada nama Alex J Mariat adalah diambil dari belakang nama ayahnya, Juarno. Benar atau salah hanya Alex J Mariat sendiri yang tahu.

Sebelum Katon Bagaskara dan Nugie terjun di blantika seni musik, Alex J Mariat sudah terjun terlebih dahulu ke blantika musik di tanah air. Hanya saja jejak kariernya tidak semelejit kedua adiknya. Maklum pasar lebih antusias menerima gaya musik pop seperti yang dibawakan oleh Katon Bagaskara dan Nugie. 

Pasar tampaknya tidak begitu antusias dan belum bisa menerima jenis lagu yang lebih mengandalkan pesan pada liriknya yang sarat dengan kritik sosial yang dibawakan secara kocak dan mbeling melalui dominan irama country akustik pop balada. Tak heran jika nama Alex J Mariat tenggelam di blantika musik di tanah air dan nyaris publik banyak tak mengenal kiprahnya.

Karier Alex J Mariat tidak sepopular dengan Iwan Fals, Tom Slepe  dan Doel Sumbang. Padahal konon mereka berangkat dari pola lagu yang sama-sama lebih menekankan kepada pesan liriknya yang mbeling,  humorik dan sarat dengan kritik sosial yang dibawakan lewat irama  country akustik pop balada. Tapi next time -nya, nasib keberuntungan yang menentukan ksegala-galanya. Karir Alex J Mariat tak semelejit  Iwan Fals, Tom Slepe dan Doel Sumbang. Kecuali Iwan Fals dan Doel Sumbang, karir Tom Slepe juga mendadak hilang dan mentok sampai tahun 1993.

Akhirulkalam, Semoga kehadiran tulisan saya ini dapat bermanfaat dan menambah khazanah di blantika musik pop Indonesia yang selama ini belum banyak kita ketahui. 



Baca Juga :



Load Comments

0 komentar:

Post a Comment

Joe Hoo Gi

 

Ketik dan Tekan Enter