Mbelingnya Alex J Mariat Tidak Se mbeling Katon dan Nugie

· | JOE HOO GI | 12/02/2015
Mbelingnya Alex J Mariat Tidak Se mbeling Katon dan NugieAkhirnya nasib keberuntungan yang menentukan segala-galanya. Karir Alex J Mariat tidak semelejit Iwan Fals, Tom Slepe dan Doel Sumbang. Kecuali Iwan Fals dan Doel Sumbang, karir Tom Slepe juga mendadak hilang dan mentok sampai tahun 1993

JOEHOOGI.COM - Tiada dapat saya pungkiri kalau Alex J Mariat yang melantunkan lagu mbelingnya secara humorik melalui irama pop akustik adalah salah satu yang menjadi favorit lagu-lagu koleksi saya ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). 

Saya akan mengulas jejak karier Alex J. Mariat pada awal jejak kariernya di tahun 1980-an yang turut terlibat dalam menghadirkan lagu-lagu dengan lirik-lirik yang sarat dengan ocehan mbelingnya  yang mungkin belum banyak diketahui oleh para pecinta lagu pop akustik di tanah air.


Tidak ada penjelasan yang saya dapatkan apa singkatan dari huruf J pada nama Alex J Mariat. Menurut saya huruf J yang berada di antara Alex dan Mariat itu bukan singkatan dari namanya. Sebab nama resminya Alexander Mari'at Mawan yang kemudian dikenal dengan nama Alex J Mariat. Lahir di kota Magelang, Jawa Tengah, 2 Mei 1963. 

Putera kedua dari enam bersaudara (Andre Manika, Katon Bagaskara, Santie, Nugie dan Lala) dari seorang ayah bernama Alfonso Rodriques Juarno. Dugaan saya sementara huruf J pada nama Alex J Mariat adalah diambil dari belakang nama ayahnya, Juarno. Benar atau salah hanya Alex J Mariat sendiri yang tahu. 
 
Sebelum Katon Bagaskara dan Nugie terjun di blantika seni musik, Alex J Mariat sudah terjun terlebih dahulu ke blantika musik di tanah air. Hanya saja jejak kariernya tidak semelejit kedua adiknya. Maklum pasar lebih antusias menerima gaya musik pop seperti yang dibawakan oleh Katon Bagaskara dan Nugie. 

Pasar tampaknya tidak begitu antusias dan belum bisa menerima jenis lagu yang lebih mengandalkan pesan pada liriknya yang sarat dengan kritik sosial yang dibawakan secara kocak dan mbeling melalui dominan irama country akustik pop balada. Tak heran jika nama Alex J Mariat tenggelam di blantika musik di tanah air dan nyaris publik banyak tak mengenal kiprahnya.

Karier Alex J Mariat tidak sepopular dengan Iwan Fals, Tom Slepe  dan Doel Sumbang. Padahal konon mereka berangkat dari pola lagu yang sama-sama lebih menekankan kepada pesan liriknya yang mbeling, humorik dan sarat dengan kritik sosial yang dibawakan lewat irama  country akustik pop balada. 

Next time -nya, nasib keberuntungan yang menentukan segala-galanya. Karir Alex J Mariat tidak semelejit  Iwan Fals, Tom Slepe dan Doel Sumbang. Kecuali Iwan Fals dan Doel Sumbang, karir Tom Slepe juga mendadak hilang dan mentok sampai tahun 1993.

Akhirulkalam, saya akan membagikan tiga koleksi lagu mbelingnya Al;ex J Mariat, antara lain: Pengumuman Perang Dunia Ke Tiga, Salah dan Kesopanan & Kesehatan. Semoga kehadiran lagu-lagu mbelingnya dapat menambah khazanah di blantika musik di Indonesia yang selama ini belum banyak kita ketahui.
Follow JOE HOO GI 








Baca Lainnya

    Artikel Terkait