Selamat Hari Guru Nasional

· | JOE HOO GI | 28/11/2017
Selamat Hari Guru NasionalSeorang guru adalah korban untuk selama-lamanya. Kewajibannya terlalu berat, membuka sumber kebajikan yang tersembunyi dalam tubuh anak-anak bangsa (Pramoedya Ananta Toer)

JOEHOOGI.COM - Aku terperanjat dari meja komputerku sebab ternyata waktu sudah menunjukkan jam 06.30 WIB tapi anakku masih asyik mendengkur dengan mimpi-mimpinya yang belum selesai.  Segera aku membangunkannya agar dia segera mandi untuk bergegas bersiap berangkat ke sekolah. Tapi dia mengingatkanku betapa kalau hari ini 25-11-2017  semua sekolah di Indonesia libur sebab hari ini adalah sebagai Hari Guru Nasional ke-72.

Mendengar kuosa kata guru aku menjadi teringat tiga puluh tahunan yang lalu ketika masih kurasakan pernah menjadi seorang murid dari sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas betapa guru-guru di sekolahku telah banyak mencetak masa depan para muridnya minimal dapat mencerdaskan para anak bangsa sendiri dari rimba kebodohan.

Masih jelas teringat betapa aneka karakter perilaku para guru juga berbeda-beda. Ada yang lemah lembut. Ada yang tegas wibawa. Ada yang keras berbelas. Ada yang otoriter killer dalam memberikan pendidikan kepada para muridnya yang kadang mbeling urakan tapi kadang tertib dan culun. Inilah serba-serbi perangai guru sebab para guru pun manusia tiada yang pernah ideal. 

Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa tut wuri handayani, tulis Ki Hadjar Dewantara.

Guru kencing berdiri murid kencing berlari, ujar James Pardede. Seorang guru adalah korban untuk selama-lamanya. Kewajibannya terlalu berat, membuka sumber kebajikan yang tersembunyi dalam tubuh anak-anak bangsa, tulis Pramoedya Ananta Toer. 

Guru yang tak tahan kritik boleh masuk keranjang sampah sebab guru bukan dewa yang selalu benar dan murid bukan kerbaukata Soe Hok Gie. 

Pada pesan yang disampaikan secara vlog dikanal Youtube oleh BrotoSeno, Komandan SAR DIY, bahwa guru yang baik adalah guru yang tidak pernah diakui sebagai guru oleh para muridnya.Follow JOE HOO GI








Baca Lainnya

    Artikel Terkait