CLOSE ADS

Jika Jokowi Harus Merajut Kebangsaan

Jika Jokowi Harus Merajut Kebangsaan

Jika kesendirian seorang Presiden di negeri yang multikultural tapi terbalut oleh kesunyian kebangsaan, maka doa-doamu adalah jalan keluarmu yang aku dengar di antara riakan caci maki sebagian anak bangsa kepadamu.

Bertanya-tanya kamu kepada Indonesia yang sudah corat-marut oleh cita rasa kebangsaannya di masa kini. Betapa kamu mencoba menjawab Indonesia di masa depan adalah beban kamu sebagai seorang Presiden yang teramat berat kamu pikul.

Jika provokasi dijadikan narasumber penyelesaian persoalan bangsa, maka perbedaan di negeri yang multikultural bukan lagi cita rasa kebersamaan. Betapa yang terjadi semua ingin merasa tampil mau benar sendiri, sementara wajah Tuhan dibikin tergalak mirip sang gladiator yang tidak berbelas asih..

Jika kebangsaan harus dirajut di tengah hiruk-pikuk tajamnya perbedaan, maka keseragaman bukanlah jalan keluar. Sebab para elite politik saling berambisi agar negara takut kepada anarki.

Joe Hoo Gi


 Sampaikan kritik Anda kepada artikel kami di atas: Jika Jokowi Harus Merajut Kebangsaan melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.




Dapatkan pemberitahuan setiap ada artikel terbaru