Font Awesome 5 Icons

Media berbasis situs weblog dengan tagar Indonesia Raya berjuang mengeksplorasi sejarah peradaban politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan tekhnologi.


Tong Crosbie Wajah Mbeling Obbie Messakh Tempo Doeloe


Tidak dapat saya sangkal kalau Tong Crosbie yang melantunkan lagu mbelingnya secara humorik melalui irama pop akustik adalah salah satu yang telah menjadi favorit lagu-lagu koleksi saya ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Album kaset Tante betty Koboi  merupakan album perdana dan sekaligus sebagai album terakhir dari Tong Crosbie yang beredar sekitar tahun 1982. Siapa sesungguhnya Tong Crosbie? Ternyata tidak dijelaskan pada albumnya dan bahkan tidak satu pun media masssa merilis jejak rekam  Tong Crosbie

Selama bertahun-tahun saya memburu perihal siapa sesungguhnya orang yang memiliki nama Tong Crosbie ini di setiap media cetak dan elektronik, alhasil saya tidak pernah menemukan jawabannya. 
Ketika muncul penyanyi baru di tengah blantika musik Indonesia dengan nama Obbie Messakh yang merilis lagu-lagu pop cengeng, saya tidak begitu memperhatikan jika orang yang memiliki nama Tong Crosbie ternyata berganti nama menjadi Obbie Messakh

Bagaimana saya bisa mengetahui jika Obbie Messakh sendiri tidak pernah mengumumkan kalau sesungguhnya dia pemilik nama dari Tong Crosbie? Apa lagi konsep lagu dan liriknya pun sudah sangat berbeda jauh antara Tong Crosbie yang lebih menekankan lagu akustik baladanya yang sarat dengan kritik sosialnya dan Obbie Messakh yang lebih menekankan pada standard pop pasar yang sarat dengan lirik cengengnya.


Tapi ketika popularitas Obbie Messakh mulai menanjak di blantika musik Indonesia dengan didukung penampilannya yang seringkali manggung di media hiburan televisi dan radio, maka barulah pada saat itu saya menaruh kecurigaan pada kesamaan pita suara antara  Obbie  Messakh dan Tong Crosbie. Kecurigaan saya ini akhirnya terjawab, setelah saya merecheck  membandingkan melalui kesamaan khas pita suara dan kemiripan dari kedua wajahnya, barulah pada tahun 1994 dengan lantang saya berani menebak kalau sesungguhnya Tong Crosbie tiada lain adalah nama alias dari Obbie Messakh.

Padahal hingga sampai sekarang tidak ada pernyataan resmi dari Obbie Messakh kalau dirinya adalah Tong Crosbie. Bahkan kalau kita mencoba browsing ke semua mesin pencari di internet, maka tidak ada jawaban apapun perihal sosok nama Tong Crosbie adalah nama alias dari Obbie Messakh.  


Baca Juga





Buka Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Joe Hoo Gi

 

Ketik dan Tekan Enter