Media berbasis situs weblog dengan tagar Indonesia Raya berjuang mengeksplorasi sejarah, peradaban politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan tekhnologi.



Mengenang 38 Tahun Jejak Karir Tom Slepe


Tidak dapat saya sangkal kalau Tom Slepe yang melantunkan lagu mbelingnya secara humorik melalui irama pop akustik adalah salah satu yang telah menjadi favorit lagu-lagu koleksi saya ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Saya akan mengulas secara singkat jejak karier Tom Slepe pada awal jejak kariernya di tahun 1980-an yang memilih jalur lagu berirama khas pop akustik dengan pesan lirik-liriknya yang humorik sarat dengan ocehan mbeling -nya yang mungkin belum banyak diketahui oleh para pecinta lagu berirama pop akustik pop di tanah air. 
  
Tom Slepe yang nama aslinya Novianus Tommix Haryanto Djoradja, lahir di Denpasar, 12 November 1954. Dia menikah dengan Soekarsih (Asih) dan dikaruniai 4 orang anak. Karirnya sama dengan seperti Iwan Fals yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto, dimulai sejak memenangkan Lomba Musik Humor yang diselenggarakan oleh Lembaga Humor Indonesia tahun 1979 di Taman Ismail Marzuki (TIM).

Dalam jejak karir berikutnya ternyata nasib karir Tom Slepe tidak sepopular dengan Iwan Fals. Meskipun keduanya sama-sama berangkat sebagai pemenang Lomba Musik Humor, pernah membuat dua album kaset Perjalanan dan Amburadul dan pada tahun 1980 pernah dikontrak rekaman lewat Musica Studio. Tom Slepe menciptakan album Kere, sedangkan Iwan Fals mengeluarkan album Sarjana Muda. Keduanya pun sama-sama pernah diintrograsi dan ditahan oleh pihak keamanan di era Orde Baru akibat pesan kritik sosial pada lirik-lirik lagunya yang dianggap oleh penguasa waktu itu dapat berpotensi mengusik stabilitas keamanan nasional. 

Tapi dalam perkembangan jejak karir berikutnya, nasib karir keberuntungan telah menentukan betapa kedua musikus tersebut ternyata mengalami jarak perbedaan dalam meniti jejak karir yang digeluti. Tegasnya, nasib Karir Iwan Fals ternyata lebih unggul dan terus melejit hingga sampai sekarang.  Iwan Fals sudah merilis sebanyak 46 album kaset dari mulai tahun 1979 hingga 2013. Sedangkan Tom Slepe yang hanya merilis lagu-lagunya sebanyak 10 album kaset dari mulai tahun 1979 hingga 1993.

Akhirulkalam, Semoga kehadiran tulisan saya ini dapat bermanfaat menambah khazanah di blantika musik pop di Indonesia yang selama ini belum banyak kita ketahui.



 
Baca Juga :



Load Comments

0 komentar:

Post a Comment

Joe Hoo Gi

 

Ketik dan Tekan Enter